Sabtu, 02 Januari 2016

SHOLAT SUNNAH



SHOLAT SUNNAH


Di SusunGunaMemenuhiTugas
Mata Kuliah :Fiqih I
DosenPengampu : Prof. Dr. Abdul Hadi, MA




DiSusunOleh :
Sya’roni : 111654

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) KUDUS
JURUSAN TARBIYAH / PAI
TAHUN 2012
PENDAHULUAN
A.     Latarbelakang
Shalatsunnahialahsholat yang tidakwajibdilakukanolehsetiapmuslimtapisunnah (berpahala) jikadilakukannya. Sesuatu yang sunnahakanlebihbaikjikadilaksanakankarenabisamenyempurnakankekuranganibadahkita.
 
Nabishallallahu ‘alaihiwasallambersabda,
إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ النَّاسُ بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ أَعْمَالِهِمُ الصَّلاَةُ قَالَ يَقُولُ رَبُّنَا جَلَّ وَعَزَّ لِمَلاَئِكَتِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ انْظُرُوا فِى صَلاَةِ عَبْدِى أَتَمَّهَا أَمْ نَقَصَهَا فَإِنْ كَانَتْ تَامَّةً كُتِبَتْ لَهُ تَامَّةً وَإِنْ كَانَ انْتَقَصَ مِنْهَا شَيْئًا قَالَ انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِى مِنْ تَطَوُّعٍ فَإِنْ كَانَ لَهُ تَطَوُّعٌ قَالَ أَتِمُّوا لِعَبْدِى فَرِيضَتَهُ مِنْ تَطَوُّعِهِ ثُمَّ تُؤْخَذُ الأَعْمَالُ عَلَى ذَاكُمْ

Sesungguhnyaamalan yang pertama kali akandiperhitungkandarimanusiapadaharikiamatdariamalan-amalanmerekaadalahshalat.Kemudian Allah Ta’alamengatakanpadamalaikatnyadanDialebihMengetahuisegalasesuatu, “Lihatlah kalian padashalathamba-Ku, apakahsempurnaataukahmemilikikekurangan? Jikashalatnyasempurna, makaakandicatatbaginyapahala yang sempurna. Namun, jikashalatnyaterdapatbeberapakekurangan, makalihatlah kalian apakahhamba-Ku memilikiamalanshalatsunnah? Jikaiamemilikishalatsunnah, makasempurnakanlahpahalabagihamba-Ku dikarenakanshalatsunnah yang ialakukan. Kemudianamalan-amalanlainnyahampirsamasepertiitu.



B.     Rumusanmasalah
1.            Macam – macamdanpengertianshalatsunnah
2.            Manfaatshalatsunnah











PEMBAHASAN
Macam –Macam Dan PengertianShalatSunnah


1.           SHALAT ROWATIB

Sholatsunnahrawatib: ialahsholatsunnah yang dilakukansebelumdansesudahshalatfardhu (shalat lima waktu).
Iadibagi 2 bagian
·         A. Shalatsunahrawatibmu’akkadah
Muakkadah: yaitusholatsunah yang selaludilakukanolehNabi saw. Sholatinijumlahnyaada 10 raka’at
•    Duaraka’atsebelumshalatDhuhur
•    Duaraka’atsetelahshalatDhuhur
•    Duaraka’atsetelahshalatMaghrib
•    Duaraka’atsetelahshalatIsya’
•    Duaraka’atsebelumshalatshubuh

B Shalatsunahyang jugadisebutsunnahrawatib
yaitushalatsunnah yang kadangkadangditinggalkanatautidakdilakukanolehNabisaw. Shalatinijumlahnyaada 17raka’at,  yaitu:
• duarakaatsebelumshalatsubuh
·   empatraka’atsebelumsholatdzuhur
•    Duaraka’atsesudahshalatdzuhur
•    Empatraka’atsebelumsholatAshar
•    Duaraka’atsesudahsholatMaghrib
•    tigaraka’atsesudahsholatIsya’ ( salahsatudiantaranyamerupakanshalatwitir)

2.           SHALAT TAHAJUD ( QIYAMUL- LAIL )

Shalatmalamadalahibadahshalat yang dilaksanakanpadamalamhari, ( yaitu ) selesaishalatisyasampaimenjelangshalatshubuhdanDilakukansetelahbanguntidur




3.           SHALAT DHUHA
Shalatinidilakukanpadawaktudhuha, yaitupadasaatmatahariterbitsekitarpukul 7.00 pagisampaipukul 11.00 siang.Jumlahrakaatshalatdhuha minimal duarakaat.Rasulullahpernahmencotohkanshalatdhuhasampaidelapanrakaat.

4.           SHALAT TARAWIH

Salat Tarawih (kadang-kadang disebut teraweh atau taraweh) adalah salat sunnat yang dilakukan khusus hanya pada bulan ramadan. Tarawih dalam bahasa Arab adalah bentuk jama’ dari تَرْوِيْحَةٌ yang diartikan sebagai "waktu sesaat untuk istirahat". Waktu pelaksanaan salat sunnat ini adalah selepas isya', biasanya dilakukan secara berjama'ah di masjid.

5.           SHALAT IDUL FITRI DAN IDUL ADHA

a.             Shalatsunnahidulfitri
SholatidulFitridilaksanakanpadapagiharitanggal 1 Syawal, Jumlahnyaduarakaat.Padarakaatpertama, dilakukantakbirsebanyaktujuh kali setelahtakbiratul ihram danpadarakaatkeduasetelahbangkitdarisujuddilakukantakbirsebanyaklima kali. Setelahshalat, dilanjutkandengankhutbah.Pelaksanaankeduashalatiniboleh di mesjidatautanahlapang.
b.            Shalatsunnahiduladha
SholatidulAdhadilaksanakanpadapagiharitanggal 10 Dzulhijah, Jumlahnyaduarakaat.Padarakaatpertama, dilakukantakbirsebanyaksepuluh kali setelahtakbiratul ihram danpadarakaatkeduasetelahbangkitdarisujuddilakukantakbirsebanyaklima kali. Setelahshalat, dilanjutkandengankhutbah.Pelaksanaankeduashalatiniboleh di mesjidatautanahlapang.
6.           SHALAT ISTISQO’
Shalatinibertujuan agar Allah swtmenurunkanhujanpadasaatnegeridilandakemaraupanjang yang menyebabkansumbermata air mengering.Shalatinidilakukan di lapangansecaraberjamaah.Jumlahnyasebanyakduarakaat.Selesaishalat, imam khutbahdanberdoamenghadapkiblat.
7.           SHALAT 2 GERHANA
Shalatduagerhanaartinyashalatsunnah yang dilakukanpadasaatterjadigerhanamatahariataugerhanabulan. Shalatinidilakukansecaraberjamaahsaatgerhanasedangterjadi.
Shalatgerhanadilakukansebanyakduarakaat.Setiaprakaatbolehdilakukansatu kali ruku, dua, tiga, empat, ataulima kali ruku. Adapunsujudnyasepertibiasa.
Jikapadarakaatshalatgerhanadilakukanlebihdarisatu kali ruku, setiapbangkitdarirukukembalimembacasurat Al-Fatihahdansurat lain. Begitupadaruku-rukuselanjutnyasampairuku yang terakhir.

8.           SHALAT ISTIKHARAH

Shalatiniberfungsiuntukmembebaskandiridarikebingungandalammenentukanpilihandalamsuatumasalah.Pilihanterbaikdiserahkandandipercayakankepada Allah swt. Orang yang melakukanshalatinihendaknyamemasrahkandirikepada Allah agar apa yang dipilihmenjadipilihanterbaik. Jumlahrakaatshalatini minimal duarakaat.

9.           SHALAT TASBIH

Salat Tasbih merupakan salat Sunnah yang di dalamnya pelaku salat akan membaca kalimat tasbih (kalimat "Subhanallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar") sebanyak 300 kali (4 raka'at masing-masing 75 kali tasbih). Salat ini diajarkan Rasulullah SAW kepada pamannya yakni sayyidina Abbas bin Abdul Muthallib. Namun beberapa ulama berbeda pendapat tentang hal ini.
Cara Pengerjaan
Salat tasbih dilakukan 4 raka'at (jika dikerjakan siang maka 4 raka'at dengan sekali salam, jika malam 4 raka'at dengan dua salam ) sebagaimana salat biasa dengan tambahan bacaan tasbih pada saat-saat berikut:


No.
Waktu
Jml. Tasbih
1
Setelahpembacaansurat al fatihahdansuratpendeksaatberdiri
15 kali
2
Setelahtasbihruku' (Subhanarabiyyaladzim...)
10 Kali
3
SetelahI'tidal
10 Kali
4
Setelahtasbihsujudpertama (Subhanarabiyyala'la...)
10 Kali
5
Setelahduduk di antaraduasujud
10 Kali
6
Setelahtasbihsujudkedua (Subhanarabiyyala'la...)
10 Kali
7
Setelahdudukistirahatsebelumberdiri (atausebelumsalamtergantungpadaraka'atkeberapa)
10 Kali

Jumlah total saturaka'at
75

Jumlah total empatraka'at
4 X 75
= 300 kali

10.      SHALAT HAJAT

adalahsalatsunnat yang dilakukanseorangmuslimsaatmemilikihajattertentudaningindikabulkanAllah. SalatHajatdilakukanantara 2 hingga 12 raka'atdengansalam di setiap 2 rakaat. Salatinidapatdilakukankapansajakecualipadawaktu-waktu yang dilaranguntukmelakukansalat.

11.      SHALAT TAUBAT
Shalatinibertujuanuntukmemohonampunankepada Allah swtatassegalaperbuatandosa yang pernahdilakukan.Jumlahshalattobat minimal duarakaat.

12.      SHALAT THUHUR

Setelahberwudhu, bolehmelaksanakanshalatsunnahini. Shalatsunnahinidilakukansebelummelakukanshalatsunnah yang lain. Jumlahnyaduarakaat.Sepertihalnyasholatsunnah yang lain, padarakaatpertamamembacasurat Al fatihahdandilanjutkandengansurat yang lain (yang dihafal), begitujugapadarakaat yang kedua.



13.      SHALAT TAHIYATAL MASJID
Shalatinidilakukanpadasaatmemasuki masjid dansebelumduduk.Jumlahnyaduarakaat.

14.      SHALAT SAFAR
melakukan perjalanan. Orang yang melakukan safar disebut dengan musafir.
Orang yang akanberprgiandisunahkansoholat 2 rakaattakkalaiahendakkeluarrumahnya. Begitujuga orang yang barudatangberpergian ,disunahkan pula sholat 2 rakaattatkalaiasampairumahnya.

15.      SHALAT MUTLAK
Salat Sunnat Mutlaq adalah salat sunnat yang dapat dilakukan tanpa memerlukan sebab tertentu dan kapan saja kecuali waktu-waktu yang diharamkan untuk mengerjakan salat (lihat pada salat sunnat). Jumlah rakaatnya tidak terbatas dan dilakukan dengan seri 2 raka'at.


MANFAAT SHOLAT SUNAH:
1.      Menjadiamalantambahankelak di harikiamatseandainyapadasaatmelaksanakansholatlimawaktutidaksempurna.
2.      Mampumeninggikanderajatsertamenghapusdosa, kesalahandanterbukanyapintusorgabersamaRasulullah SAW.
3.      Menimbulkan rasa cintadanmerupakanwujudsyukurkepada Allah SWT darihamba-Nya.
4.      Mendatangkanberkah, rejekidankebaikansaatdikerjakan di rumah, karenamenjadikanrumahnyasebagaibagiandarisholatnya


KESIMPULAN

Sebagaiseorangmuslim, sholat lima waktumerupakansebuahkewajiban. Di luarsholatlimawaktutersebut, terdapatsholatsunah yang biladikerjakanakanmenambahpahaladanmenenangkanhatikita.
Sholatsunahmerupakansholatdanamalantambahan di luarkewajibansholatlimawaktu. Pengertiansholatsunahyaitumelakukansuatukebaikan yang bukanmerupakankewajiban, dilakukandenganikhlasdankerelaanhati.Sholatsunahada yang dikerjakansendiriandanadajuga yang dikerjakanberjamaah.




Referensi
·         H. SulaimanRasjid. 2007. Fiqihislam. Bandung: sinarbarualbensindo
·         Drs. Moh. Rifa'i, Kumpulan Salat-Salat Sunnat,  CV Toha Putra, Semarang, 1993
·         Abdullah ibn Ahmad ibn Qudamah Al-Maqdisi Abu Muhammad. Al-Mughni fi Fiqhi Al-Imam Ahmad ibnHanbalAs-Syaibaani. 1405 H.DaarulFiqr: Beirut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar